Tuesday, November 12, 2013

Browse » home» » » » » » Arti Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Arti Simbol Bahan Kimia Berbahaya

Pada suatu kemasan produk yang diproduksi oleh suatu industri pasti memiliki simbol simbol yang unti dan menandakan peringatan terhadap resiko penggunaan yang secara sembarangn pada produk tertentu  Biasanya simbol simbol dalam bahan kimia berbahaya atau perlu diwaspadai sebagi berikut:

1. Very Toxic (Sangat Beracun) Huruf Kode : T+
Very toxit adalah sembuah tanda bahwa kandungan bahan kimia dalam suatu produk itu sangat menimbulkan resiko atau berbahaya bagi kesehatan seorang manusia , biasanya ini akan menyebabakan iritasi kulit dari sedang sampai berat dan bila tertelan kedalam mulut akan mengganggu sistem gen yang membuat cacat, dan bisa membuat kematian
Contoh bahan kimia yang akrab dengan sifat tersebut contohnya dalah: zat kalium sianida,  zat hidrogen sulfida, zat nitro benzene,  dan zat kimia atripin.

2. Toxic (Beracun) Huruf Kode : T
simbol toxit adalah sembuah tanda bahwa kandungan bahan kimia dalam suatu produk itu sangat menimbulkan resiko tetapi ini masih dibawa very toxit kandunganya sama berbahaya-nya dengan very toxit bagi kesehatan seorang manusia , biasanya ini akan menyebabakan iritasi kulit dari sedang sampai berat dan bila tertelan kedalam mulut akan menimbulkan sebuah kangker at, dan bisa mau tumor bahkan kecacatan dan dapat bisa menimbulkan kematian.
Contoh bahan kimia yang akrab dengan sifat atau simbol tersebut misalnya zat semacam metanol dan zat zat karsirogenik.

3. Harmful (Berbahaya) Huruf Kode : Xn

Bahan dan formulasi yang ditandai dengan simbol XN atau harmful adalah sembuah tanda bahwa kandungan bahan kimia dalam suatu produk kimia tersebut dapat menimbulkan resiko yang cukup berbahaya tetapi ini masih dibawa very toxit dan toxit. kandungan ini dapat mmenimbulkan resiko yang cukup berbahaya bagi kesehatan dan akan menimbulkan iritasi ringan sampai sedang jika terjadi kontak dengan kulit.
Contoh bahan kimia yang akrab dengan sifat atau simbol tersebut misalnya zat semacam etilen gliko, dikloro metand dan zat zat karsirogenik.

4. Corrosive (Korosif) Huruf Kode : C
Simbol corrosive kandungan dalam Bahan dan formulasi ini yang ditandai denga dengan notasi "Corrosive" adalah merusak jaringan hidup. Jika bahan dengan kandungann ini terkena kulit akan dapat menimbulkan kerusakan ph atau derajat keasaman dalam tubuh yang dapt menimbulkan iritasi kulit yang cukup parah
contoh bahan kimia yang akrab denga simbol tersebut adalah zat semacam HCL asam atau pun basa.

5. Irritant (Menyebabkan Iritasi) Huruf Kode : Xi
simbol Bahan dan formulasi dengan kode xi atau iritan biasanya akan menimbulkan iritasi jika terjadi kontak dengan Kulit yang mengeluarkan zat lendir seperti hidung.
Contoh bahan kimia yang akrab dengan sifat tersebut adalah  asam basa yang encer serta zat yang lain.

6. Dengerous for Environment Huruf Kode Na
simbol Bahan dan formulasi dengan kode NA atau dengereus akan menimbulkan ampak yang buruk jika terjadi kontak dengan lingkungan yang akan berakibat pencemaran dan kerusakan yang buruk terhadap lingkungan sekitar dan keracunan pada mahluk hidup atau mikro organisme.
Contoh bahan kimia yang akrab dengan sifat tersebut timbal, timah atau bahan yang kaitannya dengan zat sisa minyak bumi atau petrolium.

Sekian dari saya tentang Arti simbol bahan kimia berbahaya semoga bermanfaat dan saya ucapkan terimakasih karena telah membaca.

No comments:

Post a Comment